Pembelotan Korut: Tembakan Peringatan Terobos Ke Perbatasan

Beberapa waktu lalu tersebar sebuah video yang menayangkan aksi pembelotan tentara Korea Utara yang melintasi perbatasan dan berusaha lari menuju Korea Selatan. Dalam video itu diperlihatkan jika tentara yang membelot tersebut diserang dengan beberapa tembakan oleh tentara Korut yang lain. Menariknya, tentara Korut juga mendapatkan beberapa tembakan dari militer Korea Selatan. Pihak Korsel mengatakan jika apa yang dilakukan militernya adalah sebagai aksi peringatan.

Tembakan Peringatan Untuk Militer Korut

Ya, pihak Militer Korea Selatan diberitakan telah melepaskan beberapa tembakan peringatan ke penjaga atau militer Korea Utara yang sedang mencari seorang tentara yang membelot pada pagi hari. Saat itu, terlihat jika tentara Korea Utara telah melintasi Zona Demiliterisasi (DMZ) pada pukul 08:00. Kata militer Selatan yang berjaga, yang juga ditampilkan di dalam video, terlihat sosok pembelot muncul dari kabut tebal di sebuah pos pemeriksaan,.

Dia adalah tentara Korea Utara keempat yang mencoba melakukan aksi pembelotan tahun ini.Insiden tersebut memperlihatkan aksi yang sangat dramatis yang dilakukan oleh pihak Korea Utara.Dalam insiden tersebut, pada tanggal 13 November, seorang tentara togel online ditembak saat dia melarikan diri menyeberang ke sisi Selatan, tepatnya di Area Keamanan Bersama (JSA) di desa Panmunjom.

Pada hari Kamis, kementerian pertahanan Korea Selatan mengatakan bahwa tentaranya telah menembak sekitar 20 tembakan peringatan ketika penjaga perbatasan dari Utara mendekati perbatasan, ketika mereka muncul untuk mencari tentara Korea Utara yang telah membelot beberapa jam sebelumnya. Tentu, ini dapat memicu peperangan jika tidak dilakukan klarifikasi.Apalagi baik Korea Utara maupun Korea Selatan keduanya sangat sensitif.

Kantor berita Yonhap melaporkan bahwa suara tembakan yang terdengar dari Utara terdengar 40 menit kemudian, meski tidak ditemukan peluru yang melintasi perbatasan.Pembelotan itu sendiri terjadi di sepanjang perbatasan di provinsi Gangwon. Prajurit itu dibawa ke tahanan dan Seoul mengatakan sedang menyelidiki apa yang mendorongnya untuk menyeberang atau membelot.

Aksi Pembelotan yang Sangat Berisiko

Sangat sedikit pembelot Korea Utara yang melakukan aksi berisiko yang menyeberang ke Selatan melalui DMZ. Sebagai informasi, salah satu bidang tanah yang paling dijaga ketat di dunia, DMZ adalah zona penyangga tipis antara Korea Utara dan Selatan yang diperkuat di kedua sisinya dengan kawat berduri, kamera pengintai, pagar listrik dan ranjau darat. Sebidang tanah tersebut benar-benar berbahaya.

Pembelotan bulan lalu tersebut juga membuat seorang tentara mengendarai sebuah jip hingga sampai ke perbatasan, dalam sebuah pelarian dramatis yang tertangkap oleh kamera pengintai.Dia berlari menyeberang ke Selatan dengan hujan peluru dari penjaga Korea Utara. Setelah ditembak lima kali, tentara tersebut ambruk di setumpuk dedaunan di sisi selatan, dan kemudian diselamatkan oleh tentara Korea Selatan.

Pemulihannya dilakukan di Korea Selatan.Dia dilepaskan dari perawatan intensif dan dilaporkan telah menulis ucapan terima kasih kepada dokter yang merawatnya.Dua tentara Korea Utara lainnya yang membelot, juga melalui DMZ, pada bulan Juni tahun ini dalam insiden lainnya.Sedangkan tahun lalu, hanya terdapat satu tentara saja yang membelot.

Jumlah total tentara Korea Utara yang membelot ke Korea Selatan juga meningkat menjadi 15 orang tahun ini, dibandingkan dengan lima tahun lalu. Hal ini diungkapkan oleh data resmi yang dilaporkan oleh kantor berita Yonhap. Sedangkan diberitakan cukup banyak jumlah tentara yang mencoba membelot dari Cina sebelum akhirnya ke Korea Selatan. Dalam sebuah pengumuman lain, kementerian unifikasi Korea Selatan mengatakan bahwa dua orang Korea Utara telah ditemukan di sebuah kapal nelayan di perairan selatan.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *