Tanpa Penonton Sama Sekali, Barcelona Pecundangi Las Palmas 3-0

Pekan ketujuh Liga Spanyol musim ini masih melanjutkan tren positif Barcelona. Karena anak asuh Ernesto Valverde ini berhasil meraih poin sempurna usai mengalahkan Las Palmas. Digelar di stadion Camp Nou hari Minggu (1/10), Blaugrana menekuk tim tamu dengan skor 3-0 tanpa balas.

 

Bermain di kandang, pertandingan kali ini justru dilakukan tanpa kehadiran penonton satu pun. Dengan Camp Nou yang ditutup, El Barcabertempur tanpa dukungan suporter. Babak pertama laga sendiri berlangsung dengan Barca berulang kali mendapat peluang. Namun Palmas tak mau begitu saja mengalah sehingga membuat mereka sempat menguasai bola sebanyak 55%, seperti dilansir CNN Indonesia.

 

Panen kartu kuning terjadi di babak pertama, empat punggawa Barca yakni Paulinho, Gerard Pique, Sergio Busquets dan Jordi Alba mendapat peringatan dari wasit Jose Munuera. Skor 0-0 masih awet hingga babak pertama berakhir. Gol pertama untuk Barca tercetak di menit ke-49 saat Busquets menyundul bola lewat umpan Lionel Messi. Menjadi bintang dalam pertandingan, Messi mencetak gol kedua untuk Barca di menit ke-70 setelah menerima umpan Denis Suarez. Tujuh menit kemudian, Messi lagi-lagi mencetak gol yang membuat Barcelona menang 3-0.

 

Alasan Tanpa Penonton

 

Tidak adanya penonton selama laga memang membuat banyak orang bingung. Namun ternyata hal ini terjadi akibat kondisi keamanan Catalunya (Catalonia) yang memburuk. Sempat terjadi kericuhan lantaran warga Catalunya dilarang melakukan referendum (pemungutan suara) kemerdekaan atas Kerajaan Spanyol hari Minggu (1/10) pagi.

 

Sejatinya Barcelona sempat meminta laga ditunda, tetapi otoritas sepakbola Spanyol menolak sehingga mereka terpaksa bermain tanpa kehadiran suporter. Atas kondisi Catalunya, pelatih Valverde pun sampai berkomentar. Dilansir Bola, keputusan Barcelona berlaga tanpa penonton merupakan bentuk protes atas bentrokan di Catalunya. Sebelum pertandingan, dilaporkan beberapa orang cedera akibat bentrok antara aparat Spanyol dengan warga Catalunya yang ingin merdeka. Pemerintah Spanyol memang mengintervensi kegiatan referendum itu.

 

Tak heran jika kemenangan telak Barca ini diharapkan Valverde bisa menghibur para wargaCatalunya. Dengan hasil ini pula, Barcelona semakin aman di peringkat pertama klasemen sementara La Liga. Mempunyai 21 poin dan memetik seluruh kemenangan dalam tujuh laga, Barcelona unggul lima angka dari Sevilla di peringkat kedua.

 

Gerard Pique Bakal Tinggalkan Timnas Spanyol?

 

Namun hasil positif Barca ini justru bisa saja jadi kabar buruk bagi Timnas Spanyol. Karena bek Barcelona, Pique,kabarnya akan mengundurkan diri dari Timnas Spanyol. Dengan mantap, Piquesiap mundur dari Timnas karena dirinya memang mendukung kemerdekaan Catalunya. Melalui situs Marca, suami penyanyi latin Shakira itu berkomentar, “Kalau ada pejabat Asosiasi Sepakbola Spanyol menganggap kehadiran saya mengganggu, saya akan berhenti.”

 

Pique pun mengaku bangga dengan warga Catalan yang sampai turun ke jalan demi memperjuangkan aspirasi mereka. Sambil menahan tangis di wajahnya, dia menilai aksi kekerasan yang terjadi adalah pengalaman terburuk baginya. Tak hanya Pique, mantan pelatih Barcelona yakni Pep Guardiola pun juga bersuara soal referendum Catalunya. Berasal dari Catalan, Pep berpendapat bahwa rakyat Catalan punya hak menentukan masa depan mereka sendiri.

 

Meskipun kini bermukim di Inggris lantaran menangani Manchester City, Pep menyesalkan aksi kekerasan yang terjadi di Catalunya. “Spanyol akan berusaha menutupi kenyataan, tetapi media judi bola lain di dunia akan menunjukkannya. Saya membaca di El Pais bahwa mereka mengatakan jika itu adalah petugas polisi Spanyol yang terluka. Terluka oleh apa? Oleh suara?” tutup Pep.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *