Balinale International Film Festival Akan Segera digelar

Salah satu event dari jagat perfilman dunia akan segera digelar. Ya, event tersebut adalah Balinale International Film Festival 2017. Tahun ini event tersebut sudah memasuki penyelenggaraan yang ke-11. Di dalamnya akan diputarkan 108 film dari sejumlah 42 negara. Penyelenggaraan event ini akan berlangsung dari tanggal 24 sampai 30 September 2017 tepatnya di Lippo Mall Kuta, Bali.

Beberapa Tokoh Penting akan Hadir

Inneke Indriyani yang menjabat sebagai produser Balinale, tahun ini ada sesuatu yang berbeda. Pasalnya, penyelenggaraan tahun ini akan mempertemukan para pakar film dunia. Mereka akan berkumpul dalam BalinaleX Film Forum. Inneke yang saat itu ditemui dalam pers conference Balinale 2017 yang diselenggarakan di Cinemaxx Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (14 September 2017) mengatakan, “Yang bakal hadir dari beberapa pihak yakni dari Disney, NBC TV, Universal Studio, filmmaker dari Thailand, Australia, New Zealand, dan Jepang. Dan kami harap juga bakal dihadiri banyak filmmaker dari Indonesia juga.”

Tidak hanya itu, bahkan Richard Brenson, ketua dari Virgin Group akan hadir. Dan yang menjadikan ini langka adalah adanya video conference yang akan Brenson hadirkan. Inneke mengatakan momen ini sangat langka. Dan yang juga menggembirakan adalah hadirnya para eksekutif Indonesia serta dunia, ditambah lagi dengan para profesional dan juga asosiasi perfilman serta pemerintah yang akan mengadakan konferensi meja bundar. Dalam konferensi itu rencanya mereka akan membahas ekosistem perfilman di Indonesia.

Akan Banyak Ide Ide Kreatif

Para profesional, asosiasi dan filmmaker dunia dan Indonesia rencananya akan berkumpul dan juga mempresentasikan ide-ide kreatif bagaimana mengembangkan film Indonesia. “Indonesia mempunyai potensi yang besar untuk menjadi lokasi produksi serial dan juga film ya. Indonesia juga memiliki banyak tenaga profesional serta berpengalaman. Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki berbagai macam lokasi yang spektakuler serta investasi yang mana makin baik di bidang industri kreatif,” ungkap Deborah Gabinetti selaku Pendiri dan juga Direktur Balinale.

Merka pasalnya akan berkumpul sebelum Balinale dimulai tepatnya tanggal 22 sampai 23 September 2017.  “Sebenarnya selama 10 tahun terakhir Balinale selalu mengadakan semacam film forum. Akan tetapi untuk tahun ini kami akan lebih fokus dan serius. Untuk itu kami akan mengadakannya selama 2 hari.

Mengalami Perkembangan selama 10 Tahun

Deborah mengatakan juga bahqa sejak diselenggarakan pada tahun 2007, festival ini mengalami perkembangan yang cukup baik. Ini dibuktikan dengan jumlah film yang lolos sampai sebanyak 108 buah film. Tak hanya itu, bahkan makin banyak juga filmmaker luar negeri yang mengikuti festival judi bola ini dan akan berkunjung ke Bali untuk acara ini.

“Ada beberapa filmmaker dari luar negeri juga yang datang dan ikut. Program ini memang diadakan untuk mendukung perfilman Indonesia, ” imbuhnya.

Tema kali ini bertajuk Menghubungkan Komunitas Melalui Dunia Film. Inilah salah satu faktor dalam menyeleksi kurang lebih 300 film yang dikerucutkan ke 108 film. Selain itu tema kali ini akan membuat masyarakat menjadi lebih dekat.

Baliale Internasional Film Festival juga mempunyai program kompetisi yang namanya In Competion. In Competion akan dilangsungkan sepanjang festival. Ada juga film yang tidak dilombakan dan akan tetap ditayangkan dalam kategori non kompetisi.

Tentu saja orang Indonesia patut bangga dan senang atas adanya acara ini. Balinale dapat mendongkrak popularitas Indonesia dan eksistensi perfilman Indonesia.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *