Hal Penting Dalam Aturan Tunjangan Hari Raya (THR)

Sekitar 2 minggu lagi, kita sudah bertemu dengan Hari Raya Idul Fitri. Setelah berpuasa sebulan lamanya, kita berhasil bertemu dengan kemenangan semua umat islam di dunia. Lebaran tak hanya berhubungan dengan baju baru, kue atau ketupat saja. Tetapi juga berhubungan dengan THR atau tunjangan hari raya. Pemerintah mewajibkan semua instansi untuk memberikan THR kepada karyawannya. Hal ini diatur dalam peraturan menteri ketenagakerjaan No 6 tahun 2016 tentang tunjangan hari raya  keagamanan. Berikut ini aturan penting THR yang wajib anda ketahui.

Kapan Waktu Pemberian

Tunjangan hari raya yang diberikan perusahaan ke karyawan, maksimal diberikan 7 hari sebelum hari raya idul fitri. Untuk tahun ini, Hari raya idul fitri  kemungkinan besar jatuh pada tanggal 25-26 Juni 2017. Berarti pemberian THR harus diberikan maksimal sampai tanggal 16 juni 2017. Menurut aturan yang berlaku, jika perusahaan terlambat memberikan THR. Perusahaan akan dikenakan denda sebesar 5 persen dari jumlah total THR yang seharusnya diberikan.

Harus Diberikan Setahun Sekali

THR harus diberikan satu tahun sekali oleh perusahaan. Pemberiannya sesuai dengan hari keagaman masing-masing karyawan. Ada beberapa perusahaan yang hanya memberikan THR pada karyawan muslim ketika hari raya idul fitri. Lalu untuk karyawan non muslim diberikan pada keagamaanya masing-masing. Tetapi ada juga yang diberikan merata ketika hari raya idul fitri dan pada saat perayaan yang lain sudah tidak diberikan lagi.

Jumlah THR

Besarnya THR yang diberikan sebenarnya sudah ada di aturan penting THR menurut kebijakan pemerintah. Pekerja yang memiliki masa kerja 12 bulan, akan mendapat THR sebesar gaji satu bulannya. Pada saat masa perjanjian kerja, ada beberapa perusahaan yang sudah membuat perjanjian kerja bersama atau peraturan perusahaan. Jika perusahaan yang menetapkan hal tersebut, besarnya THR harus sesuai dengan perjanjian yang sudah berlaku. Bisa juga disamakan dengan ketetapan dari pemerintah.

Siapa Saja Yang Menerima THR

Di peraturan yang sebelumnya, THR hanya diberikan pada karyawan yang masa kerjanya minimal 3 bulan. Tapi di peraturan yang baru, THR diberikan pada karyawan gadispoker yang masa kerjanya minimal 1 bulan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah para karyawan dan supaya diberikan keadilan yang merata.

Sanksi Atas Keputusan THR

Dalam peraturan tentang THR memang dijelaskan dengan jelas semua tentang masalah tunjangan hari raya. Termasuk masalah sanksi yang diberikan. Untuk perusahaan yang terlambat melakukan pembayaran THR maksimal 7 hari sebelum lebaran, akan dikenakan sanksi dengan membayar denda 5 % dari total upah yang diberikan. Sanksi ini diberikan kepada semua karyawannya. Selain itu untuk perusahaan yang tidak memberikan THR kepada karyawan, akan dikenakan sanksi administrasi dan teguran tertulis dari pemerintah. Bahkan akan diberikan sanksi pembatasan kegiatan, jika tidak pernah memberikan THR ke karyawan dan mengabaikan teguran tertulis. Sanksi diberikan berdasarkan kondisi finansial dari perusahaan selama 2 tahun terakhir.

Cara Menghitung THR

Lalu bagaimana cara menghitung THR yang benar. Rumus THR adalah masa kerja dibagi 12. Kemudian dikalikan besarnya gaji selama 1 bulan. Misalnya masa kerja anda selama 1 bulan. Lalu gaji anda sebesar Rp 5 juta. Berarti THR yang anda dapatkan sekitar Rp 417.000. hitungannya 1:12 x 5.000.000 = Rp 417.000.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *